#MerdekaDenganBerbagi Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia

“Nothing lights up a child's brain like play.” Dr. Stuart Brown

Masa kecil kita selalu dipenuhi dengan waktu bermain, bermain, dan bermain. Saat bermain kita bisa jadi apa saja, siapa saja, bahkan memerankan cita-cita yang kita inginkan. Ya, kita bisa jadi siapa saja hanya dengan bermain.

Bagaimana dengan adik-adik pasien kanker? Apakah mereka punya kebebasan waktu dalam bermain? Apakah mereka memiliki keleluasaan bermain dengan teman-teman? Bisakah kita bayangkan bagaimana rasanya jika adik-adik pasien kanker harus selalu rutin datang ke RS?

Kepedulian terhadap keadaan adik-adik pasien kanker, sekumpulan relawan anak muda membentuk Community for Children with Cancer (C3). Komunitas ini mengisi berbagai kegiatan amal bagi adik-adik pasien kanker. Untuk menampung itikad baik komunitas tersebut, C3 pun berkembang menjadi Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (YPKAI).

Sejak resmi berdiri tahun 2007, YPKAI terus belajar dan semakin menyadari pentingnya memaksimalkan kualitas hidup adik-adik pasien kanker beserta keluarganya bisa memberikan rasa bahagia yang terbukti membantu proses penyembuhan. YPKAI juga berperan untuk membantu proses penyaluran bantuan dana, terutama untuk keluarga prasejahtera, serta memfasilitasi pemenuhan kebutuhan selama proses pengobatan. Selain itu, bersama sekelompok relawan, YPKAI juga menyediakan bantuan layanan psiko pendampingan yang diisi berbagai aktivitas berbasis pendidikan dalam jangka waktu tertentu. Bantuan psiko pedampingan ini tidak hanya ditujukan bagi pasien, tapi juga orangtua.

Bersama Pita Kuning, kita bisa saling bahu-membahu serta berbagi peran untuk bantu mereka. Bantu serta dukung adik-adik pasien kanker untuk mengembalikan harapan, mengembalikan waktu kebebasan waktu bermain yang pernah mereka miliki. Jangan biarkan mereka berjuang sendirian.

 

Lihat semua >