#MerdekaDenganBerbagi

MERDEKA! Lalu, apa?  

Buat kita akan susah menjawabnya dan pastinya akan banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang timbul. 

Apakah ‘merdeka’ itu artinya bebas? Bebas seperti apa? Apakah ‘merdeka’ itu terlepas dari belenggu? Belenggu seperti apa?  

Tapi, apa arti kemerdekaan sesungguhnya bagi masyarakat Indonesia dewasa ini? 

Dalam retrospektif, merdeka berarti bebas dari jajahan, berdaulat, dan bersatu menjadi Republik Indonesia. Konsep merdeka sudah bergeser menjadi kebebasan yang lebih luas, serta lepas dari ketergantungan. Dan kini, setelah 71 tahun merdeka, tetap kemerdekaan belum dirasakan semuanya, indahnya kemerdekaan masih begitu jauh. Terdengar begitu jauh. 

Kemerdekaan identik dengan sejarah para pahlawan yang memperjuangkan kebebasan Indonesia dari tangan para penjajah. Namun, apakah terlintas di benak kita bahwa kemerdekaan bukan hanya selalu tentang masa lalu, tetapi juga masa depan bangsa dan negara Indonesia dan bagaimana kita mengimplementasikan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari. Lalu, bagaimana cara kita untuk bisa membantu seluruh masyarakat Indonesia merasakan indahnya kemerdekaan? 

Untuk menyambut semangat kemerdekaan, Berbagi.com – bersama Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (YPKAI), Wisma Tuna Ganda dan Sahabat Anak – ingin mengajak Teman Berbagi untuk bersama-sama menyebar semangat berbagi dengan menunjukkan kepedulian kita terhadap isu-isu sosial melalui kampanye #MerdekaDenganBerbagi. Kampanye ini lahir dengan harapan agar masyarakat Indonesia bisa berbagi dengan para anak-anak pasien kanker, anak-anak disabilitas, dan anak-anak kaum marjinal melalui voting yang nantinya Berbagi.com akan donasikan untuk ketiga yayasan yang bersangkutan. 

Teman Berbagi bisa berpartisipasi dan turut menyebar semangat berbagi dan semangat kemerdekaan untuk mereka, cukup dengan vote gerakan sosial yang ingin kamu dukung. 

Mari memerdekakan dengan berbagi kebaikan. Satu suaramu, sangat berarti untuk mereka.

Lihat semua >